Categories
Info

Crutchlow Desak Pagar Pembatas Sirkuit Red Bull Ring Dimundurkan

SPIELBERG – Isu keselamatan balik mengemuka jelang balapan MotoGP Austria 2020 akhir pekan ini pada Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg. Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, meminta agar pihak pengelola sirkuit memundurkan pagar pembatas lebih jauh.

SPIELBERG – Isu keselamatan kembali muncul jelang balapan MotoGP Austria 2020 akhir pekan ini di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg. Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, meminta agar pihak pengelola sirkuit memundurkan pagar pembatas lebih jauh.

Ramalan cuaca benar memprediksi area Pegunungan Styria mau dilanda hujan badai sepanjang simpulan pekan. Meski Red Bull Gelang-gelang dianggap sebagai salah satu arena dengan kualitas terbaik, keselamatan tentu menjadi perhatian tersendiri.

Kekhawatiran tidak terlepas dari kontur Sirkuit Red Bull Ring dengan naik turun. Apalagi, run-off area pada lintasan sepanjang 4, 318 kilometer (km) itu terhitung sempit. Padahal, untuk balap motor, dibutuhkan run-off area yang luas demi keselamatan pembalap.

Baca pula: Hasil Sesi Pelajaran Bebas Satu MotoGP Austria 2020

Beberapa area dengan menjadi perhatian adalah zona pengereman jelang tikungan pertama yang menanjak dan tikungan dua yang lekas dan menanjak sebelum tikungan 3. Area yang disebut terakhir kerap memakan korban pada balapan Metode One (F1) dan juga MotoGP.

Pendeknya area run-off itu kembali dikritik oleh Cal Crutchlow. Pembalap berkebangsaan Inggris itu ingin agar pagar pembatas yang mengelilingi Sirkuit Red Bull Ring dimundurkan. Ia yakin, hal itu bisa dilakukan dengan mudah.

“Semua ruas pagar pembatas dalam sirkuit harus dimundurkan lebih jauh! Mereka tidak akan kesulitan perkara pendanaan, ‘kan? Menurut saya, mereka punya uang yang cukup untuk melakukan renovasi, ” papar Cal Crutchlow, dikutip dari Crash , Sabtu (14/8/2020).