Categories
Info

Abu Lorenzo Sebut Valentino Rossi Rajanya Curang

PALMA DE MALLORCA – Ayah Jorge Lorenzo, Chicho Lorenzo, kembali melempar kontroversi mengenai gaya balap Valentino Rossi. Menurutnya, The Doctor adalah tipikal pembalap yang agresif hingga sering mengerjakan curang di lintasan.

PALMA DE MALLORCA – Ayah Jorge Lorenzo, Chicho Lorenzo, kembali melempar kontroversi menerjang gaya balap Valentino Rossi . Menurutnya, The Doctor adalah tipikal pembalap dengan agresif hingga sering berbuat korup di lintasan.

Adam asal Spanyol itu lantas mengungkit beberapa contoh kasus. Salah satu yang disorotnya adalah tindakan Valentino Rossi kepada Sete Gibernau dalam MotoGP Spanyol 2005 di Sirkuit Jerez. Rossi dituduhnya sengaja memepet Gibernau hingga ke luar lintasan demi kemenangan.

Tak hanya itu, Valentino Rossi berusaha menggoda Sete Gibernau di pada podium agar kesal. Strategi sewarna coba diulangi pria asal Italia kepada Casey Stoner di Laguna Seca pada 2008. Rossi dasar menang di sirkuit tersebut, namun dengan cara yang sedikit nakal.

Baca selalu: Quartararo Enggan Dikenal Suksesor Rossi di MotoGP

“Gibernau adalah korban pertama dari kecurangan Rossi di tanda. Ia sengaja membuat Gibernau keluar lintasan dan terus mengganggunya dalam podium. Orang kedua adalah Max Biaggi, ” ujar Chico Lorenzo, sebagaimana dikutip dari Corse di Moto , Senin (5/10/2020).

“Rossi selalu menerapkan strategi dengan sama. Di Laguna Seca (2008), dia menyalip Casey Stoner dalam tikungan corkscrew , lalu terus mengganggunya hingga Stoner kehilangan akal sehat dan terbenam, ” imbuhnya.

Patuh Chicho, trik itu terus dimanfaatkan oleh Valentino Rossi kepada pembalap lainnya. Namun, ketika Jorge Lorenzo muncul sebagai rival utama, taktik itu tidak bekerja dengan baik. Di dalam akhirnya, Valentino Rossi ‘tobat’ melangsungkan kecurangan setelah terlibat dalam petaka maut yang menewaskan Marco Simoncelli.