Categories
Info

4 Pembalap Yamaha Lolos Hukuman dibanding FIM, Marquez Sindir Valentino Rossi Dkk

VALENCIA – Jelang balapan MotoGP Eropa 2020, Yamaha harus mendapatkan suatu tamparan yang keras. Yamaha tepatnya mendapatkan hukuman dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM) lantaran terang melakukan pelanggaran saat di MotoGP Spanyol 2020.

VALENCIA – Menyambut balapan MotoGP Eropa 2020, Yamaha harus mendapatkan sebuah tamparan yang keras. Yamaha tepatnya mendapatkan hukuman dari Federasi Balap Motor Universal (FIM) lantaran ketahuan melakukan pengingkaran saat di MotoGP Spanyol 2020.

Yamaha dituding melanggar peraturan homologasi dengan mesin yang digunakan pada balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada MotoGP 2020. Gara-gara hal itu, FIM memberi sanski pengurangan poin Yamah di tim konstruktor sebesar 50 pokok.

Tak hanya sampai situ, Tim Monster Energy Yamaha dan Petronas Yamaha SRT pula mengalami pengurangi poin di klasemen tim. Pabrikan Yamaha dikurangi 20 poin, sedangkan tim satelit Yamaha dipotong 36 poin.

Baca Juga: Rins Ingin Vinales Dihukum Lebih Berat

Menariknya pokok empat pembalap Yamaha, yakni Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli tak dikurangi sama sekali. Hal itu langsung membuat banyak pihak bertanya-tanya.

Salah satu pihak yang menanyakan keputusan FIM itu ialah sang juara dunia MotoGP 2019, Marc Marquez. Rider Repsol Honda itu merasa heran mengapa Rossi dan kawan-kawannya selamat dari kontraksi poin ketika semua perolehan pokok tim Yamaha dikurangi.

Menurut Marquez hal tersebut agak kurang adil. Ia pun menyindir Rossi cs dan tentunya FIM dengan mengatakan bahwa tampaknya modifikasi di motor tak menguntungkan daripada sisi pembalap.